Rabu, 15 Oktober 2014

Tutorial Hardware pada Komputer


1. Memasang Motherboard

  Fungsi Motherboard dalam Komputer sangat begitu penting dikarenakan motherboard sebuah tempat untuk di letakkannya komponen yang berfungsi di computer. Di antaranya memiliki kemampuan untuk mengatur pemberian tenaga berupa listrik pada komponen yang ada pada komputer. Motherboard digunakan pula mengatur semua proses , mulai dari menyimpan sebuah data seperti halnya Hardisk , CD-ROM , mouse , printer , keyboard. Oleh karena itu juga fungsi dari motherboard dapat dikatakan sebagai pengendali pada sebuah perangkat elektronik seperti pada kopmuter.




2. Processor/CPU

·                     Buka pengunci Socket Processor pada Motherboard.
·    Pasangkan Processor ke Motherboard. Perhatikan bahwa Processor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya, dalam hal ini biasanya ditandai dengan lekukan, lubang atau anak panah.
·    Cocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada pada Socket Processor (Jika Anda melakukan hal tersebut di atas dengan tepat, maka Processor akan dapat dimasukkan ke socketnya dengan baik dan benar).
·   Kemudian kunci kembali socket tersebut, dengan cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci yang ada.


3. Memasang Heat sink

      Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gel penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.

4.RAM

     Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
     Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.


5.HARD DISK

     Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk


6. POWER SUPPLY

Bila kipas pada power supply berputar, berarti power supply berfungsi.

7. DRIVE
Pata cable
    PATA memungkinkan dua perangkat dihubungkan dalam satu kabel, sehingga menghemat kabel yang digunakan dibandingkan dengan SATA yang menggunakan satu kabel untuk setiap device yang dihubungkan. Namun, meskipun dua perangkat dapat dihubungkan dalam satu kabel, namun kecepatan transfer maksimal hanya mencapai 133 Megabyte per detik. Dikenal dalam PATA istilah PIO dan UDMA.
SATA CABLE 
Sebuah kabel sata menghubungkan motherboard ke hard drive Sata. Pasokan listrik modern memiliki akord khusus yang dibuat untuk daya Sata hard drive dimana yang lama tidak.

·     Sata kabel digunakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti HDD,CE-ROM, DVD-ROM, dan DC-RW
·     Compliant dengan Serial ATA II Spesifikasi
·     Dirancang khusus untuk mengurangi kekacauan kabel dan memperbaiki sistem .


8.CARD ADAPTER 


    Berfungsi mengatur lalu lintas komunikasi data dari Komputer ke Komputer yang lain. Indikator adanya lalu lintas data (Traffic) dapat dilihat pada lampu yang berada pada mulut konektor RJ-45 pada NIC.

Termal Compound
   Pada saat memasang heatsink (pendingin) pada Prosesor ataupun pada chipshet kartu video (VGA Card), maka diwajibkan menggunakan Thermal Paste. Hal ini karena thermal paste sangat penting dalam membantu proses perambatan panas sehingga kinerja heatsink menjadi lebih maksimal. Sebagus dan semahal apapun heatsink yang kita gunakan namun jika tanpa thermal paste maka panas yang keluar dari prosesor atau chipset menjadi tidak lancar, bahkan bisa menyebabkan kegagalan kerja dari perangkat tersebut.
Floppy drive
   Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.
Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.
Optical Drive adalah merupakan perangkat tambahan multimedia yang dapat memungkinkan kita untuk memutar piringan CD atau DVD ke dalam komputer. Optical Drive dalam komputer ada bermacam-macam, ada yang hanya bisa membaca CD saja namun ada juga yang berkemampuan untuk membaca file-file berformat DVD.
  
Sebagai media transfer dari dan ke Floopy Drive Motherboard.


Monitor
Menghubungkan dengan monitor
Keyboard cable
Menghubungkan dengan keyboard. Keyboard merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan angka, huruf, mapun karakter Khusus ke komputer


Mouse cable

Menghubungkan dengan mouse. Perangkat computer yang digunakan untuk menggerakkan Kursor.
Usb cable
USB adalah port yang didesain untuk memungkinkan berbagai macam periferal dengan socket yang terstandarisasi dapat dihubungkan dengan baik pada komputer sehingga tidak terjadi banyak macam port. Dengan adanya USB ini maka beberapa port dapat digabungkan seperti port menghubungkan mouse dan keyboard (PS/2), Joystick, Scanner, Printer dan lainnya. Semua dapat dihubungkan lewat satu port yang standar, yakni USB.
Ethernet
terdiri dari 4 pasang kawat. Masing-masing mempunyai warna tertentu (solid) dengan pasangannya berwarnah putih bergaris-garis warna tertentu(solid), dipilin menjadi satu. Untuk performansi Ethernet yang baik, jangan membuka pilinan terlalu panjang (kira-kira ¼ inch). Kode warna pada pasangan kabel Pair 1 : putih-biru/biru (white-blue/blue) Pair 2 : putih-orange/orange (white-orange/orange) Pair 3 : putih-hijau/hijau (white-green/green) Pair 4 : putih-coklat/coklat (white-brown/brown) Desain untuk 10BaseT Ethernet adalah warna orange dan hijau. Dua pasang lainnya, coklat dan biru, tidak digunakan.

Wireless Antenna

Fungsi antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (Pelepasan energy elektromagnetik ke udara / ruang bebas). Dan sebaliknya, antena juga dapat berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (Penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas ) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.

Power cord
NIC
FUNGSI NIC
a. Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
b. Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
c. Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh computer
FUNGSI NIC WIRELESS
untuk menghubungkan PC dengan AP. bIasanya perangkat ini berformat PCI, sedangkan untuk Laptop berformat PCMCIa dan USB (Tidak menutup kemungkinanakan berformat lain sesuai perkembangan teknologi).


0 komentar: